Jumat, 07 Oktober 2016

TES PT PARAGON TECHNOLOGI & INOVATION WARDAH

assalamualaikum,selamat pagi dan salam sejahtera semua,hari ini saya mau berbagi pengalaman nih teman,siapa tau ada sobat-sobat yang butuh info bagaimana tes di pt paragon wardah , nah untuk profile perusahaan sobat bisa cari di mbah google ,dibawah ini saya hanya akan berbagi info bagaimana jalannya tes di pt paragon technologi &
inovation dengan salah satu brand terbaiknya yaitu wardah,

ok deh langsung aja awal kisah saya ikut acara job fair dikampus gici business school bogor,dikasih tau temen :) ,di acara tersebut banyak perusahaan yang buka lowongan,dan saya tertarik dengan perusahaan pt paragon ini,setelah tanya-tanya langsung saya kasih lamarannya dan baiknya yg stand disitu ngasih cream gratis merk wardah untuk para pelamar pt tersebut ,
langsung ke tes pertama ,tgl 9 juni saya dapat sms untuk mengikuti tes tahap pertama dikampus yang sama pada tgl 10 juni 2014 pukul 14.00.
tgl 10 langsung berangkat bersama kawan-kawan seperjuangan :) yang berjumlah 3 orang,dan tepat pukul 14.00 tespun dimulai..dan mulailah diperkenalkan terlebih dahulu apa itu pt paragon pada peserta tes..dan ada 4 tahapan untuk bisa bekerja di pt paragon,
1.seleksi cv
2.tes tulis tahap 1
3.psikotes tahap 2
4.interview
alhamdulillah lamaran diterima tinggal tesnya.
*tes pertama,, ini ga terlalu banyak kita hanya mengisi data diri dan sedikit tes lainnya, seperti mengisi biodata,motivasi anda bekerja,mengapa melamar ke pt tersebut,nanyain gaji dan yg gitu gitu pokoknya sob,dan tambahannya ada 55 soal tes yang harus kita isi yang pertanyaannya soal matematika,kayak bilngan deret,hitung balok,dsb ane aggak lupa dites ini karna dah 1bulan lebih.he
setelah selesai kami di beritahu bahwa hasilnya akan di beritahu paling cepat 2 minggu kemudian atau paling lama 1 bulan,kalau ga ada panggilan berarti kita gagal dites pertama.
minggu demi minggupun ane harap-harap dapat panggilan lagi dan ga lupa berdoa,hehe namun 1 bulan berlalu panggilan tak kunjung datang,wahh prustasi deh ane ,berfikir berarti tes pertama saya gagal , udah berenti berharap di paragon ternyata tgl 11 juli 2014 ane dapat sms lagi untuk mengikuti tes tahap ke 2 pada tgl 15 juli dikampus yg sama,ternyata panggilan lebih 1 hari bung.hehe

tes tahap ke dua ini saya ternyata tidak didampingi teman seperjuangan saya dikarenakan mereka tidak mendapat panggilan untuk ikut tes ke 2,sayang mereka gagal dan saya harus berangkat sendiri.
tgl 15 juli sayapun berangkat sendiri dan jadwal tes kali ini pukul 09.00.
30 menit sebelumnya saya sudah sampai dan bingung tak ada yg kenal.he beruntung ada teman baru bernama jae yang ngajakin ngobrol seblum tes dimulai jadi ga bt nunggu :).
pukul 08.45 kamipun memasuki ruangan tes untuk siap",pukul 09.00 tespun dimulai  dan di jelaskanlah peraturannya oleh sang HRD,

*tes kedua.
tes kedua ini berlaku sistim gugur dimana yang ga lulus harus pulang kampung terlebih dahulu dan tidak bisa lanjut ke tes psikotes selanjutnya.
tes ini adalah TES PAULI  Yang belum tau tes pauli silahkan cari di google, sedikit gambran seperti ini 
tes pauli ini atau  biasa disebut tes koran kita harus bisa mengerjakan secepat mungkin dan sebanyak mungkin,dengan menjumlahkan angka-angka yang berada dalam kertas sebesar koran.haha caranya kita jumlahkan agkanya dari atas ke bawah disetiap 2 angka kita tulis hasilnya ditengah-tengah dan ada komando dari hrdnya kalo dibilang garis kita harus biin garis dibawah hasilnya sampe doi bilang stop, untuk lebih jelasnya bisa tanya mbah google yah. 
nah setelah tes ini selesai hrdnya bilang akan ditetuin siapa yang lanjut ke psikotes selanjutnya, komat kamit ane berdoa biar lulus alhamdulillah ane lolos tes ini dan nama ane dipanggil untuk tes selanjutnya dan hanya 18 orang yang lanjut ke psikotes selanjutnya,sayang teman baru saya harus pulang lebih awal karna ga lulus. 
setelah peserta tidak lulus meninggalkan ruangan ,psikotes selanjutnyapun dimulai dan tes sekarang ini akan berlangsung selama 4 jam ke depan, dengan banyak tes,seperti  tes wartegg,tes epps,menentukan dimensi dsb,
tes yg pertama kali dikasih yaitu menentukan jawaban yang berkaitan (nama apa ane ga tau lupa/:D) pokoknya contohnya ada soal A.ayam B.itik C.burung D.gajah kita pilih deh yg ga nyambung berarti gajah karna bukan unggas gitu,atau misalkan A.3 B.6 C.8 D.12 E.15 kita pilih yang ga beraitan yaitu c.karena c bukan kelipatan dari 3 gitu gitu pokoknya.
soalnya banyak ampe ane puyeng.he 
lanjut soal selanjutnya tes ini pakai logika kalo di bulak balik diotak gambarnya akan bentuk jdi gmana contohnya gambar ini 
lanjut tes selanjutnya yaitu tes wartegg yang paling ane ga bisa.haha kesl jdnya bro.hehe yang blm tau tes wartegg google aja, pokoknya kita ngegambar sob kaya gini 
ditambah ngegambar pohon dan orang jadi ada 10 gambar yang harus kita gambar,ane ga bisa gambar jadi hasilnya jelek kayaknya.he 
dan masih ada soal ngitung sob pokoknya matematika dominan di tes ini.haha sampe pada akhirnya adalah tes Edwards Personal Preference Schedule ( EPPS ) atau  tes kpribadian, ada kurang lebih 200 soal yang harus dipilih dengan waktu 30 menit,ini bukan soal sih yng penting kita jawab sesuai keinginan kita aja yang mendekati diri kita gitu sob.
setelah selesai semua hrd bilang bahwa hasilnya akan diumumkan 2 minggu lagi seperti biasa yang lolos akan dipanggil ke tahap selanjutnya yaitu interview dan kini saya sedang berdoa semoga saya lulus dan lanjut ke tahap berikutnya. mohon doanya kepada teman-teman yang baca artikel ini semoga saya di terima agar bisa berbagi pengalaman selanjutnya :) .jangan lupa doain yah semoga yang doain ane yang belum dapet kerja dimudahkan jalannya,yang mau tes juga dilancarin semudah-mudahnya agar bisa lulus semua aamiin :)


1 komentar: